25 Juni, 2012

SISTEM OPERASIONAL BPRS BAS



   Dalam penghimpunan dana, BPRS BAS menggunakan dua prinsip, yaitu:
1.      Prinsip wadi’ah yad dhomanah, yang diaplikasikan pada tabungan wadi’ah
2.      Prinsip mudharabah muthlaqoh, yang diaplikasikan pada produk deposito mudharabah dan tabungan mudharabah (Tabungan Umum, Tabungan Haji, dan Tabungan Qurban).
Selai itu, bank syariah (BPRS BAS) juga mempunyai sumber dana lain yang berasal dari modal sendiri (core capital). Semua penghimpunan dana atau sumber dana tersebut dicampur menjadi satu, dalam bentuk pooling dana. Dalam penghimpunan dana inilah bank syari’ah sangat berperan sebagain manajer investasi dari pemilik dana yang telah dihimpun, khususnya pemilik dana mudharabah.


   Dana bank syariah yang terah dihimpun disalurkan dengan pola penyaluran dana yang dibenarkan seuai syari’ah. Secara garis besar, penyaluran dana di BPRS BAS meliputi:
1.      Prinsip bagi hasil yang meliputi pembiayaan mudharabah dan musyarakah.
2.      Prinsip jual beli yang meliputi pembiayaan murabahah.
3.      Prinsip kebajikan yang mana diaplikasikan dalam pembiayaan qard.

     Atas penyaluran tersebut akan diperoleh pendapatan dari prinsip jual beli lazim yang disebut dengan margin atau keuntungan. Selain itu, pendapatan bank juga berasal dari pembiayaan dengan prinsip bagi hasil yang mana akan menghasilkan bagi hasil. Sementara itu, tabungan dengan prinsip wadi’ah akan menghasilkan bonus yang diberikan kepada nasabah pemilik rekening tabungan.
Penghasilan bank juga diperoleh dari hasil (upah) atas jasa yang dilakukan bank kepada nasabah, seperti jasa perpanjangan STNK, pembayaran pajak objek yang menjadi jaminan nasabah kepada pihak bank (objek jaminan), dll. Penadapatan atas jasa yang dilakukan bank sepenuhnya menjadi milik bank dan tidak dibagikan kepada nasabah.

1 komentar:

  1. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya zalinah aruf, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Safrijal atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

    BalasHapus